Cara Mudah Mengganti LCD Asus Zenfone 4 Rusak

Cara Mudah Mengganti LCD Asus Zenfone 4 Rusak - Yang LCD asus zenfone sedang bermasalah mampir dimari deh, alasannya ialah saya akan memperlihatkan Tutorial yang saya share kembali dari Grup Asus Zenfone T00I yang di tulis oleh mas Hendriktio Freizello. singkat kisah pribadi saja

LCD Asus Zenfone 4 Rusak

"Pagi semua, ane mau share nih, kebetulan beberapa waktu lalu zenfone 4 ane jatoh dari ketinggian lebih kurang 1 meter dan LCD nya retak tapi touchscreen masih mulus. Bingung dan panik alasannya ialah denger denger ganti LCD tuh 300an juga harganya, Touchscreen nya juga harus diganti (1 Paket sama LCD, bener, misahin LCD ori dengan Touchscreen ori itu butuh usaha -_- ). sayang touchscreennya krn masih gorilla glass, jadi ane nekat bongkar untuk cari tau cara misahin LCD dngn touchscreen nya (Baca : Cara Mengatasi Asus Zenfone Shut Down Sendiri)

Akhirnya ane iseng cari di buka*apak dan toko*edia dan ketemu banyak seller yang jual LCD nya doang, harganya 90rb - 125rb. Singkatnya, ane beli dah tuh lcd seharga 120 include ongkir.Skip skipAne cuma ngasih tutorial singkat, krn dari awal belom kepikiran untuk dokumentasiin dan jadiin tutorial,. jadi minim gambar krn emang jarang di foto pas eksekusi. 1 lagi, Do it with Your Own Risk. pribadi aja ini tutorial nya"

Alat dan Bahan : 
  • LCD zenfone 4 (KW, Ori, terserah) yang masih indah (LCD doang, bukan yang nyatu sama touchscreen) Double Tape
  • Pisau cutter/pisau apapun yang tipis tp berpengaruh untuk congkel touchscreen nya
  • Lem Super Glue/Alteco/Power Glue/Lem Setan (optional)
  • Obeng kembang ukuran kecil (ga tau ukuran berapa, tapi jikalau punya obeng set, cari yang paling kecil)
  • Pinset (optional) 
  • Alat congkel yang tipisnya hampir sama dengan pisau cutter diatas (optional)
  • Gunting
Cara Singkat :
1. Buka Casing belakang
2. Buka semua mur di belakang HH agan. Simpan baik baik, jangan sampe ilang (susah nyarinya)
3. Congkel sisi sisi belakang HH agan, pelan pelan, ikutin alur penutup belakang agar ga salah congkel
4. Setelah kebuka, Jangan nafsu dipisah dari frame depan, krn ada 3 kabel flexible yang mesti di copot.
Sisi Belakang Asus Zenfone

5. Udah dicopot ketiganya? lanjut, pelan pelan angkat papan sirkuit/PCB hp nya dan taruh ditempat aman.
6. Sekarang kita urus layarnya. Pasti pernah liat kasus layar touchscreen ngangkat kan? nah dari situlah kita buka. pelan pelan sayat pakai pisau celah tipis pembatas touchscreen dan frame nya sekeliling frame untuk menciptakan rongga buat nyongkel touchscreen nya. (perhatiin layar depannya baik baik, pasti ada garis pembatas antara frame dan touchscreen). lakukan juga di bawah soft key touchscreen nya.
7. Congkel pelan pelan. (double tape bawaan itu super lengket, jadi jangan dipaksa jikalau ga mau touchscreen atau plastik frame ente kebelah dua). jikalau masih lengket, sesekali pelan2 masukkan pisau ke bab dlm touchscreen dan sayat bab dalam pelan pelan (krn ada jalur untuk touchscreen nya)
8. Lakukan terus tahap 6 dan 7 berulang ulang. hingga touchscreen mudah dipisahin
9. Kalau udah, jangan seneng dulu, LCD nya masih ngikut sama touchscreen krn ada perekat yang lebih lengket dari tahap 7. jikalau LCD ente yang rusak, ga masalah, ancurin/lepas aja LCD nya lapisan demi lapisan sampe tinggal touchscreen nya nempel dengan lapisan terakhir LCD nya. gres lakukan menyerupai tahap 6 dan 7 untuk memisahkan lapisan terakhir LCD dengan Touchscreen nya.Hasil setelah semua
Membongkar Asus Zenfone 4

10. Bersihin sisa sisa perekat yang sudah tidak lengket (yang masih lengket biarin aja.)
11. Pasang LCD penggantinya nya ke frame, lengketkan belakang lcd pengganti dengan frame pakai double tape (gausah tempelin ke touch, ribet sendiri ente nanti)
12. Tempelkan double tape di sekeliling frame (inget ada lubang2 yang engga boleh ketutup, amannya ikutin alur perekat yang lama, dan jikalau mampu dilapis, 3-4 kali lapisan. gunting double tape sesuai referensi frame)
13. Pasang touchscreen ke frame, jangan di rekatkan dulu ke doubletape, untuk amannya tes nyala dulu.
14. Pasang kembali menyerupai semula. jikalau ada yang kurang rekat, agar ringkas nya pakai super glue di beberapa titik (jangan semua!!!)

Terima kasih kepada : Grup Asus Zenfone T00I - Hendriktio Freizello